Mengenal Fungsi Kelenjar Endokrin pada Sistem Endokrin Manusia

Mengenal Kelenjar Endokrin

Sistem endokrin manusia mempunyai kaitan erat dengan sistem saraf manusia. Dimana keduanya saling berkolaborasi satu sama lain perlu menjaga homeostatis tubuh.

Sistem endokrin selanjutnya bisa diartikan sebagai suatu sistem yang menghasilkan sekaligus mengatur hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak kelenjar dan beberapa bagian crucial lain yang berpengaruh langsung pada kestabilan tubuh.

Salah satu kelenjar yang berpengaruh besar yakni dikenal sebagai kelenjar endokrin. Apa itu kelenjar endokrin? 

Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang tersusun dari sel-sel mikro sederhana yang terdiri dari jaringan ikat halus. Di dalam jaringan ikat halus tersebut banyak mengandung pembuluh kapiler. Lantas apa fungsinya?

Fungsi Umum Kelenjar Endokrin

Umumnya setiap kelenjar tubuh hadir dengan fungsi penting berbeda. Fungsi kelenjar tergantung dari tempat kelenjar tersebut dihasilkan.

Demikian pula dengan kelenjar endokrin yang cukup berbeda antara jenis yang satu dengan lainnya. Adapun untuk lebih mengenal kelenjar endokrin berikut diberikan fungsi kelenjar endokrin secara umum, diantaranya:

        Menghasilkan Hormon

Fungsi pertama kelenjar endokrin yaitu sebagai penghasil hormon. Berbagai jenis hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin, mulai dari hormon pertumbuhan, MSH, insulin, atau lainnya. Dimana hormon-hormon yang dihasilkan nantikan bakal didistribusikan ke darah bila dibutuhkan oleh jaringan tertentu dalam tubuh manusia.

        Mengontrol Aktivitas

Tugas lain dari kelenjar endokrin adalah mengontrol aktivitas. Aktivitas yang dimaksud aktivitas yang dilakukan kelenjar tubuh. Dengan demikian fungsi kelenjar bisa berlangsung normal dan optimal.

        Mengatur Metabolisme

Dalam pengaturan metabolisme tubuh juga ada campur tangan dari kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin memastikan sistem oksidasi tubuh berjalan lancar. Selain itu, kelenjar keringat ini juga bertugas meningkatkan penyerapan glukosa dalam usus halus dan tubuh.

        Merangsang Aktivitas

Fungsi kelenjar keringat selanjutnya merangsang aktivitas kelenjar tubuh. Aktivitas tersebut selanjutnya disampaikan ke sistem saraf. Hal ini bertujuan guna mendapatkan hasil dari rangsangan yang diberikan.

        Metabolisme Zat

Keberadaan kelenjar endokrin dapat berpengaruh pada sejumlah fungsi metabolism zat di tubuh. Seperti metabolism vitamin, protein, lemak, mineral, dan air dalam tubuh. Kelenjar endokrin memastikan semua proses metabolism zat tetap optimal.

        Pertumbuhan Jaringan

Kelenjar endokrin juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan jaringan. Kelenjar endokrin berpengaruh langsung pada pertumbuhan jaringan manusia supaya jaringan dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Demikian gambaran secara umum dari fungsi dan tugas kelenjar endokrin di dalam tubuh. Adapun fungsi di atas didapat dari sejumlah kelenjar endorkin yang tersebar di dalam tubuh. Nyatanya kelenjar endokrin ada banyak macamnya. Apa saja kira-kira? Simak lebih lanjut ulasan berikut!

Macam-Macam Kelenjar Endokrin dan Fungsi Utamanya

Adapun kelenjar endokrin di dalam tubuh manusia  bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Tepatnya ada 8 kelenjar utama yang memiliki peran penting berbeda bagi tubuh. Kedelapan kelenjar utama tersebut diantaranya:

1.      Kelenjar Hipofisis

Kelenjar hipofisis merupakan kelenjar endokrin yang memproduksi banyak hormon. Beberapa diantaranya mencakup hormon pertumbuhan, tirotropin, prolaktin, adrenocorticotropic hormone, MSH, dan ADH.

Masing-masing hormon tersebut memiliki fungsi penting bagi tubuh. Dimana kelenjar ini berbentuk bulat dengan ukuran 1,3 cm yang masih dibagi lagi menjadi beberapa macam seperti hipofisis anerior, pars intermedia, dan posterior.

2.      Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid berada di bawah trakea dan jakun. Kelenjar endokrin satu ini menghasilkan hormone tiroksin yang kaya akan kandungan yodium. Fungsi kelenjar endokrin satu ini tidak lain untuk metabolisme tubuh dan mengatur suhu tubuh.

Bila kondisi kelenjar tiroid tidak normal, maka ada resiko penyakit yang bisa diderita. Yakni saat kelenjar tiroid dalam kadar tiroid berlebih atau kekurangan.

Penyakit yang dimaksud tidak lain adalah metabolisme tubuh yang lambat sehingga dapat menyebabkan penderitanya mudah gelisah, gugup. Bila metabolisme tubuh terlalu cepat, maka bisa menyebabkan tubuh mengalami demam.

3.      Kelenjar Paratiroid

Kelenjar paratiroid berlokasi cukup dekat dari kelenjar tiroid. Kelenjar ini memiliki fungsi yang tak kalah penting.

Fungsi kelenjar paratiroid adalah mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Bila seseorang memiliki kelenjar paratiroid berlebih atau malah kurang, maka orang tersebut bisa memiliki urin dengan kandungan kalsium dan fosfor. Bila berlangsung terus-menerus, maka bagian tulangnya berisiko mudah patah.

4.      Kelenjar Pankreas

Letak kelenjar endokrin berikutnya berada di pankreas. Kelenjar pankreas menghasilkan hormon insulin. Hormon ini dibutuhkan dalam konsentrasi glukosa di darah.

Dimana kondisi tubuh kekurangan insulin berakibat pada sakit diabetes. Sebaliknya bila hormon insulin berlebih berisiko pada perubahan glukosa menjadi glikogen.

5.      Kelenjar Gonad

Kelenjar gonad memiliki peran utama dalam sekresi hormon seks dan memproduksi sel-sel kelamin. Bisa dibilang kelenjar inilah yang mempengaruhi perbedaan perubahan fisik pria dan wanita. Khususnya di bagian alat kelamin.

6.      Kelenjar Timus

Kelenjar endokrin berikutnya dikenal sebagai kelenjar timus. Kelenjar yang mempengaruhi kerja antibodi tubuh. Kelenjar timus ini memproduksi sel seperlu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit seperti infeksi di bagian tulang dada dan jantung.

Seseorang yang memiliki kelenjar timus bermasalah biasanya akan mendapati kesulitan ketika akan menggerakan otot tubuh.

Kesulitan yang dimaksud mencakup susah mengunyah, menelan, berbicara, dan berekspresi. Tanpa pengobatan tepat hal ini dapat berdampak pada jangka panjang.

7.      Kelenjar Pinealis

Kelenjar Pineal atau Pinealis berada di otak besar. Kelenjar ini berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk. Kelenjar pinealis juga mempunyai fungsi lain yakni membantu mengatur pola tidur seseorang.

Bila seseorang memiliki gangguan di bagian kelenjar pinealis, maka orang tersebut bisa mengalami kesulitan tidur. Dimana dalam beberapa kasus gejala ini juga bisa dikenali sebagai gejala penyakit berbahaya. Misalnya seperti penyakit sistem endokrin neurodegeneratif dan kanker.

8.      Kelenjar Adrenalin

Kelenjar adrenalin terletak di ginjal. Kelenjar ini dikenal pula sebagai kelenjar suprarenal atau kelenjar anak ginjal. Kelenjar adrenalin menghasilkan hormon kortison yang berperan penting dalam menjga hormon keseimbangan metabolisme zat.

Misalnya metabolism kalium, karbohidrat, dan garam natrium. Kelenjar ini juga mempengaruhi keseimbangan hormon seks.

Seseorang yang memiliki kelainan dalam kelenjar adrenalin bisa menderita sejumlah gangguan. Mulai dari mudah lelah, hilang nafsu makan, muntah, mual, dan tubuh sakit.

Keseimbangan sistem endokrin manusia hanya akan didapat bila sejumlah kelenjar endokrin di dalam tubuh normal.

Dimana seperti telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa risiko penyakit bila didapati keabnormalan dalam kelenjar endokrin.

Mengetahui hal ini, maka menjaga kesehatan tubuh menjadi kunci utama yang diperlukan.Tentu Anda pun setuju bila menjaga kesehatan lebih bijak daripada mengobati. Kira-kira bagaimana cara agar selalu sehat?

Salah satu cara hidup sehat yang direkomendasikan yakni dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini, sejak sekarang juga.

Mau tahu rahasia hidup sehat dengan pola hidup sehat yang benar? Langsung saja klik di sini https://www.selalusehat.co.id/product/purtier-placenta/. Sekian dan semoga ulasan tentang fungsi kelenjar endokrin dalam sistem edokrin manusia kali ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Klik disini!

Kami siap membantu Anda! Jangan sungkan untuk menghubungi kami sekarang, terima kasih

Customer Support

CS SelaluSehat.co.id

Online

CS SelaluSehat.co.id

Hai, ada yang bisa saya bantu? 00.00